JL. Perjuangan No. 99
Kel. Margamulya Kec. Bekasi Utara Kota Bekasi 17142
021-88966161
0857-82073372
humaspdamtp@gmail.com
Fax. 021-88961608



Profil PDAM Tirta Patriot


Direksi Periode 2015 - 2019

Drs. Sugiyanto, MM

Drs. Sugiyanto, MM

Direktur Bidang Umum

Tb. Hendy Irawan. SE

Tb. Hendy Irawan. SE

Direktur Utama

H. Tjetjep Achmadi

H. Tjetjep Achmadi

Direktur Bidang Teknik

Jajaran Kepala Bagian

M. Lukman R. A.Md

M. Lukman R. A.Md

Kepala Bagian Distribusi

Virginia MH. Lumme, SH, M.Si

Virginia MH. Lumme, SH, M.Si

Kepala Bagian Hublang

Zulfahmi, SE

Zulfahmi, SE

Kepala Bagian Kepegawaian

Muhammad Imannudin, SE

Muhammad Imannudin, SE

Kepala Bagian Keuangan

Barhrul Alam

Barhrul Alam

Kepala Bagian Litbang

RB. Djati S, SH

RB. Djati S, SH

Koordinator SPI

Zakaria, SE

Zakaria, SE

Kepala Bagian Umum

Farid Ilham, ST

Farid Ilham, ST

Kepala Bagian Produksi

Sejarah PDAM Tirta Patriot


Didasari besarnya tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan air bersih, maka dibentuklah  Satuan Pengelolaan Instalasi Air Bersih (SP-IPAS) dengan penanggung jawab H. Ir. Dudy Setiabudhi. Pendiriannya diawali dari proyek WEST JAVA URBAN DEVELOPMENT SECTOR PROJECT (WJ-UDSP) ADB LOAN 1384-INO tahun 2001-2003 dengan sumber dana dari pinjaman ADB, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kota Bekasi. Tujuannya adalah untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat di daerah rawan air bersih.

Setelah proyek selesai dilaksanakan, pengelolaan hasil pembangunan diserahkan kepada Satuan Pengelola Instalasi Air Bersih (SP-IPAS) sesuai dengan SK. Walikota Bekasi Nomor 693/DTKP/X/2003. Pengelolaan yang cukup baik menjadikan SP-IPAS dipercaya sebagai penyedia layanan air bersih. Jumlah pelanggan yang terus bertambah menuntut pengembangan manajemen dan organisasi. Oleh karena itu, SP-IPAS disempurnakan menjadi Pengelola Instalasi Pengelolaan Air Teluk Buyung (PIPA TB) berdasarkan keputusan Walikota Nomor 71 Tahun 2004 dengan di Ketuai oleh H. Dadang Hidayat.

Manajemen perusahaan yang semakin baik menjadikan PIPA TB kian penting perannya di Kota Bekasi. Kemampuan memberikan sumbangan bagi PAD Kota Bekasi menjadi acuan penyempurnaan organisasi menuju PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi melalui Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 02 Tahun 2006. H. Dadang Hidayat untuk sementara menjabat sebagai Direktur sampai ditunjuk Direktur PDAM yang definitif. Tidak lama, akhirnya Walikota Bekasi menunjuk H. Syafei Muhamad sebagai Direktur PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi yang definitif.

Setelah Direktur H. Syafei Muhamad memasuki masa purna bhakti, maka ditunjuklah H. Siswanto sebagai Direktur sementara hingga terpilihnya kembali Direktur PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi yang baru secara definitif. Karena belum adanya Direktur definitif, maka dipilih kembali Direktur sementara PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi yaitu Yudrin Bowta (Alm) menggantikan H. Siswanto.

Kemudian, sesuai Peraturan Walikota Nomor 35 Tahun 2011 tentang struktur dan keorganisasian, maka PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi mengalami perubahan menjadi tiga Direksi. Tiga Direksi terdiri dari Satu Direktur Utama, dan dua Direktur yang membawahi bidang, yaitu Direktur Bidang Umum dan Direktur Bidang Teknik.

Dalam peraturan, dimana calon Direktur Utama harus melalui proses fit n proper test terlebih dahulu. Maka tahun 2011 terpilih H. Achmad Zulnaini sebagai Direktur Utama definitif PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi masa bakti 2011-2013. H. Achmad Zulnaini memasuki masa purna bhakti tahun 2013. Melalui proses yang sama, sambil menunggu Direktur Utama terpilih secara definitif,  jabatan Direktur Utama sementara dijabat oleh H. G. Hilman DJ.

Pada tahun 2013  di tahun yang sama, H. Tb. Hendy Irawan, SE. terpilih menjadi Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi secara definitif hingga saat ini dibantu oleh Direktur Bidang Umum H. Sugiyanto, MM. dan Direktur Bidang Teknik H. Ir. Tjetjep Achmadi.

Dari perjalanan yang belum lama, PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi mengalami kemajuan yang signifikan baik secara manajemen, keuangan, pelayanan, serta jumlah pelanggan. Hal itu membuktikan bahwa PDAM Tirta Patriot mampu menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Kota Bekasi dan mampu melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat secara baik, handal serta profesional. Dengan target yang realistis, kebutuhan seluruh masyarakat akan air minum, optimis dapat dicapai.


Visi dan Misi

Visi PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi :

“Menjadi perusahaan yang maju dan mandiri secara finansial dengan tingkat pelayanan prima pada tahun 2020”

 

Misi PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi :

    1. Memperbaiki rencana program kerja, kegiatan dan target yang terukur sesuai skala prioritas.
    2. Meningkatkan pengelolaan administrasi keuangan dengan tertib pelaporan internal dan eksternal.
    3. Meningkatkan kemampuan kemandirian keuangan.
    4. Meningkatkan kinerja operasional agar kualitas, kuantitas dan kontinuitas air memenuhi standar pelayanan minimal.
    5. Memelihara instalasi produksi dan jaringannya sehingga produktivitasnya menjadi lebih baik.
    6. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam penanganan pengaduan, kecepatan penyambungan, dan jumlah cakupan pelayanan.

Motto :

“Menyediakan Air Bersih Lebih Sehat, Lebih Terjangkau”